Modul 2.2.a.4.1.a Eksplorasi Konsep-kasus 1

1. Masalah yang dihadapi oleh Ibu Adriani. 

a. jadwal Pekerjaan padat: banyak tugas dan pekerjaan yang ia lakukan dalam sehari. mulai dari Rapat 17 Agustus, mengajar 3 kelas secara berurutan. 
b. Pengelolaan kelas kurang strukturan: siswa menggunakan gawai untuk mengerjakan tugas proyek namun kedapatan mengerjakan tugas lain, memberikan tugas proyek dalam kondisi sedang lelah, 
c. tidak stabil dalam pengelolaan diri sehingga marah saat melihat kondisi yang tak ia inginkan. 
2 .Penerapan kompetensi kesadaran diri

Dalam masalah tersebut ibu Adriani dapat melakukan hal -hal sebagai berikut: 
a kesadara diri- Ibu Adriani perlu menyadari bahwa manusia memiliki yang batas tenaga dalam melakukan berbagai Hal tanpa disadari ia mengancam dirinya melakukan banyak hal dalam waktu yang berurutan, yang perlu ibu Adriani lakukan setelah rapat 17 agustus adalah Stop- berhenti melakukan apapun untuk beberapa waktu saat masuk dikelas, menarik nafas dalam, menyadari masuk dan keluarnya  napas. amati siswa dihadapan bu Adriani, lihat kembali rencana pembelajaran dan mengambil keputusan melanjutkan Pembelajaran apa yang harus ia berikan kepada siswanya.

saat melihat siswa memberikan pembelajaran ibu Adriani perlu melakukan pengelolaan Emosi. Mengelola emosi dan fokus pada pembelajaran yang ia berikan, ketika ia sudah memutuskan memberikan tugas proyek ia perlu memahami bahwa tugas proyek memerlukan waktu pengerjaan dan penugasan diberikan diusahakan berdiferensiasi untuk mengembalikan bahwa pembelajaran berpusat pada murid. Siswa tidak harus mengerjakan tugasnya saat itu juga dengan cara  yang sama. ketika didapati siswa melakukan pekerjaan lain, ibu Adriani perlu tenang dan mengarahkannya dalam tugas proyeknya. 

Kesadaran Sosial 
Ibu Adriani bisa mendengarkan terlwbih dahulu apa yang dipikirkan oleh siswa, mengapa ia memilih untuk mebgerjakan tugas lain. mungkin saja siswa tersebut memiliki alasan mendasar sehingga ia berani mengerjakan tugas lain. 

Keterampilan berhubungan sosial
Ibu Adriani bisa menceritakan kondisi yang ia lakukan hari itu kepada guru lain untuk memberikan masukan atau membantunya dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga memberi wakty untuknya tenang dan fokus pada pekerjaan yang satu atau 2. 
pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Ibu Adriani setelah memutuskan melakukan semua pekerjaan secara berurutan ia harus mempertimbangkan semua Aspek yang ia lakukan. mengevaluasi situasi saat rapat 17 Agustus dan saat masuk kedalam kelas, menganalisis alternatif pilihan yang bisa ia ambil setelah mengajar di satu kelas dan kelas lain. ia patut pikirkan apa konsekuensi yang akan terjadi setelah ia putuskan jika masuk mengajar kedalam 3 kelas secara berurutan. 

Comments

Popular posts from this blog

Hadist tentang perangai jahat dan Berkata Kotor